Apa Benar Tidak Boleh Memencet Jerawat?

Jerawat adalah permasalahan sejuta umat. Mulai dari anak remaja hingga orang dewasa pasti akan mengalami jerawat.

Jerawat sering muncul sebagai ekspresi hormon berlebih atau sebagai efek samping dari udara kotor dan panas yang terpapar ke kulit. Nah banyak sekali mitos yang beredar di masyarakat seputar permasalahan jerawat ini.

Salah satunya adalah masalah apakah jerawat itu boleh di pencet atau tidak.

Mengutip dari halaman http://dosen.upgris.ac.id/artikel/ kami menemukan fakta bahwa jerawat ternyata tidak semuanya tidak boleh di pencet.

Maksudnya, ada beberapa jerawat yang ternyata untuk menghilangkannya itu haruslah dengan di keluarkan isinya.


Jadi bolehkah memenceet jerawat?


Apa Benar Tidak Boleh Memencet Jerawat?


Sebelumnya Anda perlu memahami dulu apa saja yang menyebabkan jerawat bisa muncul:

1. Faktor Puber

Penyebab jerawat yang pertama adalah puber. Biasanya remaja yang mulai memasuki usia 14 tahun akan mengalami masa peralihan yang bernama puber. Pada masa ini terjadi peningkatan produksi hormon sebagai bentuk respon tubuh untuk mengimbangi perkembangan fisik.

Nah karena adanya hal tersebut maka akan berdampak pada munculnya jerawat. Hal ini akan segera hilang seiring berjalannya waktu namun ada pula yang bertahan hingga dewasa.


2. Perubahan Hormon

Yang kedua adalah perubahan hormon yang juga sering di sebut-sebut sebagai penyebab munculnya jerawat. Tahukah anda ternyata perubahan hormon ini tidak hanya terjadi pada saat mengalami masa puber saja?

Stress, kehamilan, menstruasi dan faktor lain juga bisa menyebabkan perubahan hormon pada tubuh. Jika hormon di tubuh menjadi tidak seimbang maka sebagai dampaknya makan jerawat akan muncul di kulit.

3. Debu dan Kotoran

Faktor selanjutnya yang dapat menyebabkan jerawat adalah debu dan kotoran. Nah ini tentu saja sulit di hindari apalagi bagi anda yang banyak menghabiskan waktu di luar ruangan untuk bekerja dan beraktivitas. Karena itu anda harus selalu menjaga kebersihan wajah agar tidak muncul jerawat baru lagi.

4. Minyak Berlebih

Selanjutnya adalah minyak berlebih. Minyak yang di produksi secara berlebih juga dapat menyebabkan munculnya jerawat karena berpotensi menjadi penyumbat pori-pori.

Lalu Jerawat Bagaimana Yang Boleh Di Pencet?

Jenis jerawat yang boleh di pencet adalah jenis jerawat yang lemak di dalamnya keras seperti membatu. Untuk menyembuhkan jerawat ini memang isinya harus di keluarkan. Namun demikian anda tidak boleh melakukannya sendiri. Anda harus pergi ke dokter kulit atau dermatologis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Adapun jika dilakukan sendiri maka dapat menyebabkan risiko seperti:
- berdarah
- luka
- meninggalkan bekas bopeng
- infeksi
- jerawat jadi tambah parah

Karena itulah untuk mengeluarkan isi jerawat yang membatu secara benar haruslah meminta bantuan dokter kulit atau ahli dermatologis.

Nah itulah ulasan mengenai Apa Benar Tidak Boleh Memencet Jerawat?. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Apa Benar Tidak Boleh Memencet Jerawat?"

Post a Comment

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *